Melaporkan dan Menanggapi Peristiwa dalam Bacaan

6.      Melaporkan dan Menanggapi Peristiwa dalam Bacaan

Untuk meningkatkan kemampuanmu menanggapi suatu peristiwa, bacalah kutipan berikut dan pahamilah peristiwa yang dikemukakan di dalamnya! Setelah kamu memahami peristiwa yang terdapat dalam bacaan tersebut, kemukakan tanggapanmu dengan alasan yang logis! Untuk menanggapi laporan atau pembicaraan orang lain, kamu perlu menggunakan kalimat yang bervariasi. Dalam pembicaraan sehari-hari pun, tanpa kamu sadari, sebenarnya kalimatmu sudah bervariasi. Kadang-kadang kamu mengunakan kalimat pendek, kadangkadang menggunakan kalimat-kalimat yang panjang. Kalimat yang panjang itu biasanya merupakan gabungan kalimat yang pendek yang biasanya disebut kalimat majemuk. Dalam pembelajaran ini, kamu akan berlatih menanggapi hasil laporan dengan menggunakan kalimat majemuk. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut
a. Dengarkanlah laporan perjalanan suatu rombongan, misalnya jemaah haji, melalui radio atau televisi!                                                               

b. Bila kamu tidak mendapatkan laporan perjalanan melalui radio atau televisi, manfaatkan cerita temanmu yang pernah bepergian ke tempat lain!          
c. Tanggapilah laporan itu dengan menggunakan kalimat yang bervariasi, beberapa di antaranya menggunakan kalimat majemuk!                                                    
d. Tukarkan hasil kerjamu dengan temanmu dan diskusikan kalimat-kalimat yang terdapat dalam hasil kerjamu!                                                                               
e. Laporkan hasil kerjamu dalam diskusi kelas, kemudian tempelkan di tempat yang disediakan!

Komentar

Postingan Populer