Jaga Kesehatan

Jaga Kesehatan dan Lestarikan Lingkungan




A. Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif Beberapa Narasumber pada Tayangan Televisi/Siaran Radio    B. Melaporkan secara Lisan Berbagai Peristiwa dengan Kegiatan Membaca Intensif                          C. Membedakan Fakta dan Opini Melalui                                                                                               D. Menuliskan Kembali dengan Kalimat Sendiri Cerita Pendek yang Pernah Dibaca

             Jaga Kesehatan dan Lestarikan Lingkungan Banyak program/acara yang ditayangkan di televisi atau disiarkan di radio. Inti acara-acara itu adalah penyampaian informasi, pendidikan, dan hiburan. Dalam acara dialog, misalnya, sering dibicarakan topik pentingnya kesehatan atau pelestarian lingkungan. Bahkan, kadang-kadang acara semacam itu melibatkan pemirsanya. Dialog dilakukan dengan tujuan menggali informasi dari beberapa narasumber. Sebagai pemirsa, tentu kita harus dapat menyimpulkan isi dialog dengan baik. Sering kita menemukan kejadian atau peristiwa penting atau menarik sehingga kita perlu melaporkan kepada orang lain. Agar laporan tepat, kita perlu menggunakan kalimat-kalimat yang jelas. Suatu saat kita ingin mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Agar ajakan kita diterima dengan baik kita perlu mengungkapkan fakta dan pendapat. Dalam pembelajaran kali ini, kamu akan dapat menggali informasi dari wawancara di televisi atau radio yang menghadirkan narasumber, membuat laporan dengan menggunakan kalimatkalimat yang jelas dan tidak menimbulkan penafsiran ganda, membedakan fakta dan opini, dan menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang pernah dibaca. Untuk mempelajari semua itu, kamu perlu melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang ada pada tiap kegiatan.


A. Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif Beberapa Narasumber pada Tayangan 

Televisi/Siaran Radio Suatu saat kamu ingin mengetahui informasi yang dibicarakan dalam dialog di televisi atau radio. Hal itu tentu tidak mudah kamu lakukan. Di dalam dialog beberapa narasumber biasanya mengemukakan pendapat yang kadang-kadang saling bertentangan. Itu tentu menyulitkan kamu untuk dapat mengambil simpulan isi dialog. Pada bagian ini kamu akan menggali informasi dari dialog interaktif di televisi atau radio yang menghadirkan beberapa narasumber. Aktivitas yang harus kamu lakukan adalah :
(1) mencatat hal-hal penting dalam dialog di radio atau televisi,                                                             (2) menyimpulkan isi dialog, dan                                              
(3) menemukan informasi yang tersurat dan tersirat dalam dialog.

1.Mencatat Hal-hal Penting dalam Dialog Interaktif di Radio atau Televisi

Kali ini kamu akan berlatih mendengarkan dialog interaktif di televisi atau siaran radio yang menghadirkan beberapa narasumber. Dialog interaktif adalah sejenis wawancara dengan menghadirkan beberapa narasumber untuk membahas topik tertentu dengan melibatkan pemirsa atau pendengar. Pelibatan pemirsa atau pendengar tersebut berupa kesempatan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat berkenaan dengan topik yang dibicarakan. Ketika mendengarkan siaran dialog interaktif di televisi atau radio, kamu harus menyimak dengan sungguh-sungguh agar dapat menemukan hal-hal penting dalam dialog tersebut. Arahkan perhatian pada berbagai pendapat yang dikemukakan oleh setiap narasumber. Perhatikan juga pendapat pemirsa/pendengar. Hal itu dimaksudkan agar kamu dapat menangkap pokok-pokok pendapat mereka. Untuk membantu mengingat isi dialog interaktif yang kamu amati/dengarkan, catatlah hal-hal penting yang ada di dalam dialog tersebut! Hal-hal penting tersebut meliputi topik dialog, narasumber, inti pertanyaan dan jawaban narasumber, serta pendapat/komentar pemirsa/pendengar. Selanjutnya, kamu akan berlatih mendengarkan dialog interaktif. Untuk itu, laksanakan tugas berdasarkan petunjuk berikut!
a. Berjanjilah dengan teman sekelompokmu untuk menonton acara dialog tertentu di televisi atau radio! Lebih baik jika dialog tersebut bertema kesehatan atau kelestarian lingkungan.
 b. Sambil mengamati atau mendengarkan, buatlah catatan penting dari isi dialog tersebut dengan menggunakan format berikut!


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer