MENYUNTING KARANGAN SENDIRI / ORANG LAIN

Pengertian dan Contoh Cara Menyunting Karangan Sendiri atau Orang Lain 

Secara umum pembahasan ini adalah tentang pengertian menyunting karangan, contoh menyunting karangan, cara menyunting karangan, contoh karangan narasi pendek, contoh paragraf eksposisi dan lainnya.

Pengertian Menyunting

Sebelum dibaca oleh umum atau diterbitkan, sebuah tulisan yang baik terlebih dahulu harus disunting.

Penyuntingan merupakan proses memeriksa kembali sebuah tulisan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada sehingga tulisan tersebut layak untuk dipublikasikan atau dibaca umum.

Pada pelajaran kali ini kamu diajak mempelajari salah satu aspek penyuntingan, yaitu menyunting ejaan dan tanda baca, pilihan kata, dan kalimat.

Agar pembelajaran berhasil, ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan adalah (1) menyunting ejaan dan tanda baca, (2) menyunting pilihan kata, dan (3) menyunting kalimat.

Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

Menyunting ejaan dan tanda baca berarti menemukan dan memperbaiki kesalahan ejaan dan tanda baca yang terdapat di dalam sebuah tulisan. Agar dapat memperbaiki ejaan dan tanda baca dalam sebuah tulisan, kamu harus menguasai kaidah-kaidahnya.

Untuk dapat menguasai kaidah ejaan dan tanda baca, kamu harus mempelajari buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD), Edisi II Tahun 1988.

Di sini asumsinya bahwa kaidah-kaidah ejaan dan tanda baca itu sudah kamu pelajari. Dengan demikian, kamu pasti sudah menguasai kaidah ejaan dan tanda baca sesuai dengan pedoman EYD. Meskipun demikian, agar dapat menyunting karangan dengan baik, kamu harus banyak berlatih.

Contoh karangan 1

Banyak penyelam dan orang-orang yang gemar menyelam datang ke bunaken. Mereka tidak hanya datang dari seluruh indonesia tetapi juga dari seluruh dunia. Mereka datang karena laut Bunaken mengandung biota laut yang langka dan jarang ditemukan ditempat lain. Panorama bawah laut yang mempesona menjadi pemikat untuk datang ke Bunaken.

Untuk mengantisipasi wisatawan yang melancong ketaman laut bunaken pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta menyediakan tempat-tempat penginapan. Berbagai sarana dan pendukung lainnya pun telah disediakan.

Salah satu pihak swasta yang turut mengelola paket wisata ke Bunaken adalah nusantara diving centre. Pada tahun 1985 pengelola swasta ini pernah mendapat penghargaan kalpataru karena berperan aktif menyelamatkan kelestarian alam Bunaken.

Contoh karangan 2

Ikan gurita yang disebut hexapus ini hanya mempunyai enam kaki berarti dua lebih sedikit dari ikan gurita normal yang mempunyai delapan kaki. Angkatan laut Inggris menemukan seekor gurita berkaki enam tersebut dan mengatakan bahwa penemuan itu merupakan penemuan pertama didunia.

Menurut para ahli biologi gurita berkaki enam tersebut merupakan kelainan fisik sejak lahir mereka belum menemukan adanya spesies baru bagi gurita berkaki enam ini. 

Kami telah
menggali banyak sumber tentang gurita, dan bertanya banyak pada para pengelola akuarium laut dan tak seorang pun yang pernah menemukan kasus gurita enam kaki, ujar Carey Duckhouse, seorang supervisor dari Blackpool Sealife Centre yang berlokasi dibarat laut Inggris.


Sumber: Yunior, Edisi 3. Minggu, 9 Maret 2008

Menyunting Pilihan Kata (Diksi)

Menyunting pilihan kata (diksi) berarti memperbaiki penggunaan kata dalam suatu teks. Penggunaan kata yang tepat dipengaruhi oleh situasi. Dalam situasi resmi, misalnya dalam tulisan ilmiah, kita dituntut untuk menggunakan kata baku.

Sebaliknya, dalam situasi tidak resmi, misalnya dalam percakapan sehari-hari, kita dapat menggunakan kata-kata tidak baku.

Coba, perhatikan penggunaan kata baku dan kata tidak baku berikut!
Pengertian dan Contoh Cara Menyunting Karangan Sendiri atau Orang Lain
Contoh Penggunaan Kalimat Baku dan Tidak Baku

Menyunting Kalimat

Kalimat yang digunakan dalam sebuah karangan harus efektif. Salah satu ciri kalimat efektif adalah hemat dalam penggunaan kata.

Kehematan tidak berarti harus menghilangkan kata-kata yang dapat menjelaskan kalimat. Penghematan di sini mempunyai arti penghematan kata yang tidak diperlukan sepanjang tidak menyalahi kaidah.

Penghematan itu dapat dilakukan dengan cara menghindarkan penggunaan kata yang bersinonim dalam sebuah kalimat.

Perhatikan dua contoh kalimat berikut!

1. Tumbuhan pun juga bernafas seperti manusia.

2. Bunaken adalah merupakan objek wisata yang sangat terkenal dengan keindahan lautnya.

Pada kalimat pertama terdapat penggunaan kata pun dan juga. Kedua kata tersebut bersinonim atau bermakna sama. Pada kalimat kedua juga terdapat penggunaan kata adalah dan merupakan.

Kedua kata tersebut juga bersinonim. Agar kedua kalimat tersebut efektif, kata yang bersinonim itu hendaknya digunakan salah satu.

Jadi, perbaikan kalimat tersebut adalah:

1. a. Tumbuhan pun bernafas seperti manusia.
    b. Tumbuhan juga bernafas seperti manusia.

2. a. Bunaken adalah objek wisata yang sangat terkenal dengan keindahan lautnya.
    b. Bunaken merupakan objek wisata yang sangat terkenal dengan keindahan lautnya.

 

Komentar

Postingan Populer