Melaporkan Secara Lisan Berbagai Peristiwa dengan Kalimat yang Jelas

B. Melaporkan Secara Lisan Berbagai Peristiwa dengan Kalimat yang Jelas

Agar dapat melaporkan secara lisan peristiwa yang kamu amati, laksanakan kegiatan berdasarkan panduan berikut!Kembangkan menjadi laporan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang jelas dan tidak menimbulkan penafsiran ganda! Kalimat Kemarin saya mengunjungi pabrik lampu terbesar di Surabaya, misalnya, menimbulkan penafsiran ganda.Yang terbesar itu lampunya, atau pabriknya. Kalimat semacam itu dapat disiasati dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan penggunaan tanda hubung:                 (1) Kemarin saya mengunjungi pabrik-lampu terbesar di Surabaya. (yang terbesar adalah pabriknya) atau                                                                                                                         (2) Kemarin saya mengunjungi pabrik-lampu-terbesar di Surabaya. (yang terbesar adalah lampunya).
Tugas reporter radio atau televisi adalah melaporkan suatu peristiwa atau kejadian kepada pemirsa atau pendengar. Agar laporan itu tepat, perlu digunakan kalimat-kalimat yang jelas atau kalimat-kalimat yang tidak menimbulkan penafsiran ganda. Nah! Dalam pembelajaran berikut, kamu akan berlatih membuat laporan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang jelas dan tidak menimbulkan penafsiran ganda. Aktivitas yang harus kamu lakukan adalah                                             

(1) mendeskripsikan kejadian/peristiwa yang akan dilaporkan,                                                 (2) melaporkan secara lisan peristiwa yang diamati, dan                                                         (3) melaporkan serta menanggapi peristiwa dalam bacaan.

Komentar

Postingan Populer